Powered By Blogger

Senin, 30 Maret 2015

Merenungi QS. Al-Insyiqaq

Al-Insyiqaq

Surat ini terdiri atas 25 ayat, termasuk golongan surat-surat Makkiyah (surat yang diturunkan di Mekah), diturunkan sesudah surat Al-Infithaarr. Dinamakan Al Insyiqaaq (terbelah), diambil dari kata Insyaqqat yang terdapat pada permulaan surat ini, yang pokok katanya ialah insyiqaaq.

Pokok-pokok isinya:
1) Peristiwa-peristiwa yang terjadi pada permulaan hari kiamat;
2) Peringatan bahwa manusia bersusah payah menemui Tuhannya;
3) Kelak dalam menemui Tuhannya, manusia ada yang mendapat kebahagiaan dan ada pula yang mendapat kesengsaraan;
4) Tingkat-tingkat kejadian dan kehidupan manusia di dunia dan di akhirat.

"Apabila langit terbelah. Dan patuh kepada Tuhannya, dan sudah semestinya langit itu patuh. Dan apabila bumi diratakan. Dan dilemparkan apa yang ada di dalamnya dan menjadi kosong. Dan patuh kepada Tuhannya, dan sudah semestinya bumi itu patuh, (pada waktu itu manusia akan mengetahui akibat perbuatannya) (QS.84:1-5)

Dalam ayat tersebut peristiwa  hari kiamat digambarkan oleh Allah swt. dengan hancurnya alam semesta ini. Yakni dengan terbelahnya langit. Langit tunduk atas apa yang telah dititahkan Allah kepadanya. Demikian juga bumi siap mengikuti apa yang telah diperintahkan kepadanya. Bumi dititahkan untuk menghempaskan semua isinya. Ia kemudian menjadi rata, segala apa yang ada di dalamnya baik itu manusia, binatang, pepohonan, gunung dan lain sebagainya terlempar dan akhirnya menjadi kosong. Pada saat itu menusia akan mengetahui apa yang telah diperbuatnya dan dimintai pertanggungjawabannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar