Powered By Blogger

Senin, 16 Juli 2012

Tarhib Ramadhan

Tarhib Ramadhan

Kini istilah tarhib ramadhan di telinga umat muslim Indonesia sudah tidak asing lagi. Saat menjelang bulan suci ramadhan tiba, di berbagai tempat kita lihat banyak yang mengadakan acara tarhib ramadhan.  Sebenarnya apa sih ‘tarhib ramadhan’ itu?
Secara bahasa (etimologi) kata ‘tarhib’ berasal dari kata kerja (fi’il) ‘rahiba—yarhabu—rahaban’ yang berarti luas dan lebar. Kemudian menjadi kata kerja (fi’il) ‘rahhabayurahhibutarhȋban’ yang berarti meluaskan, melebarkan atau melapangkan. Ungkapan orang Arab dalam menyambut tamunya biasanya dengan mengucapkan kata ‘marhaban’. Maksudnya bahwa ia menyambut tamunya dengan kelapangan dada, keterbukaan selebar-lebarnya, atau boleh dikata ‘dengan sepenuh hati aku menyambutmu’.
Sedangkan secara istilah (terminologi) pengertian ‘Tarhib Ramadhan’ berarti menyambut bulan suci ramadhan dengan sepenuh hati baik secara fisik maupun mental sepiritual, baik lahir maupun bathin. Marhaban Yȃ Ramadhȃn berarti ‘selamat datang wahai ramadhan tamu agungku. Aku siap menyambutmu dengan sekuat tenagaku, aku siap menjemputmu dengan seluruh jiwa dan ragaku.’
Demikian kiranya, sekarang mari kita siapkan diri untuk segera menyambutnya, Bismillaah.. Laa Haula walaa Quwwata illaa billaahil ‘Aliyyil ‘Adziim.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar