Powered By Blogger

Senin, 23 Juli 2012

Tarhib Ramadhan Mengawali Kegiatan TABARAK 1433 H di MAN 21 Jakarta


Tarhib Ramadhan Mengawali Kegiatan
TABARAK 1433 H di  MAN 21 Jakarta

Siang Rabu, 19 Juli 2012, sekitar pukul 13.00 WIB keluarga besar MAN 21 menyelenggarakan acara ‘Tarhib Ramadhan’. Acara tarhib mengawali kegiatan Tabarak 1433 H (Tafakkur dan Muhasabah Kita), yang merupakan kegiatan rutin tahunan  MAN 21 Jakarta.
Diadakannya tarhib tersebut dalam rangka menyambut datangnya tamu Agung, bulan suci Ramadhan 1433 H. Di samping sebagai ajang silaturrahmi antar keluarga besar MAN 21, kegiatan ini juga ditujukan sebagai sarana untuk mengingatkan para siswa, guru, karyawan, OB, satpam dan seluruh keluarga besar MAN 21 dalam mempersiapkan diri menyambut bulan yang penuh berkah itu.
Sebagai pemberi tausiyah adalah ustadz Abdul Choir, S.Pd. yang juga salah satu pengajar di MAN 21 Jakarta. Dalam ceramahnya, beliau mengingatkan bahwa Rasulullah SAW. telah bersabda "Seandainya umatku mengetahui (semua keistimewaan) yang dikandung Ramadhan, niscaya mereka mengharap seluruh bulan menjadi Ramadhan,". Untuk itu para hadirin diminta memaksimalkan waktu dalam mengisi bulan suci ramadhan 1433 H ini dengan kegiatan-kegiatan yang  bermakna dan penuh semangat, seperti membaca Al-Qur’an, dan memperbanyak amal ibadah.
Acara tarhib yang diadakan di teras madrasah itu diakhiri dengan acara mushafahah (bersalam-salaman), saling bermaaf-maafan satu sama lain antara guru, karyawan, siswa dan seluruh keluarga besar MAN 21 Jakarta. Lantunan shalawat nabi yang di bawakan oleh salah satu siswa kelas XII menambah hidmat dan suasana haru bersamaan berlangsungnya acara tersebut. Semoga atas segala kekeliruan dan kekhilafan yang ada, baik sengaja maupun tidak, mohon segera dimaafkan. Amiin.
Kemudian selama dua minggu pertama, sebelum KBM berlangsung siswa-siswi diharuskan mengikuti kegiatan shalat dhuha dan tadarrus bersama. Kegiatan ini ditujukan agar siswa-siswi membiasakan diri gemar menunaikan shalat duha dan membaca Al-Qur’an dalam keseharian mereka. Selanjutnya setelah KBM, mereka diwajibkan mengikuti shalat Dzuhur berjama’ah dan mendengarkan kultum, yang petugasnya tidak lain adalah dari siswa-siswi MAN 21 sendiri. Meskipun kegiatan ini sebenarnya sudah menjadi program rutin harian ROHIS MADU (Kerohanian Islam MAN 21), di bulan ramadhan ini kegiatan tersebut lebih ditekankan lagi sebagai pembinaan dan pembelajaran siswa, baik secara materi maupun mental spiritual mereka.
Adapun agenda Tabarak 1433 H  MAN 21 berikutnya adalah Pesantren Ramadhan yang insya Allah akan dilaksanakan pada 8–10 Agustus 2012. Pesantren Ramadhan akan ditutup dengan kegiatan Santunan Yatim Piatu, Ceramah Agama, dan Buka Bersama yang akan dilaksanakan pada 10 Agustus 2012.
Demikian kiranya serangkaian agenda Tabarak 1433 H di Madu dalam mengisi ramadhan tahun ini. Eh.. lebih sedepnya “Tabarak Madu 1433 H (Tafakkur dan Muhasabah Kita di MAN 21)” ... begitu saja ya, gimana?
Baiklah kami segenap panitia mohon do’a dan dukungannya kepada Anda sekalian civitas Academika MAN 21, para Alumni, masyarakat sekitar dan saudara-saudara kami kaum muslimin dan muslimat serta tentunya para dermawannya. Semoga acaranya berjalan lancar dan sekses, segala amal ibadah kita diterima dan dilipatgandakan, Jazaakumullah Khairan Katsiiran, Amiin yaa Allah yaa Mujiiba Saailiin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar