PENGARUH RELIGIUSITAS
DAN/MELALUI KECERDASAN EMOSIONAL
TERHADAP BIRRUL
WÂLIDAIN
(Sebuah Pembuktian Pada Siswa SLTA di DKI
Jakarta)
Oleh: Luqman[1]
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh religiusitas dan kecerdasan emosional terhadap birrul wâlidain pada siswa SLTA di
DKI Jakarta. Hipotesis yang diajukan adalah (1) Ada pengaruh yang signifikan dari religiusitas tehadap kecerdasan emosional
pada siswa SLTA; (2) Ada pengaruh yang signifikan dari religiusitas terhadap birrul
wâlidain siswa; (3) Ada
pengaruh yang tidak langsung (indirect
effect) secara signifikan dari religiusitas terhadap birrul wâlidain melalui kecerdasan emosional (sabar) siswa; (4) Ada pengaruh yang signifikan dari kecerdasan
emosional terhadap birrul wâlidain siswa (5) Ada perbedaan yang
signifikan birrul wâlidain antar para
siswa ditinjau dari jenis kelamin; ketiga jenis sekolah, umum (SMA), madrasah
(MA) dan kejuruan (SMK); jurusan kelas, dan usia.
Alat pengungkap data yang digunakan adalah Skala
Religiusitas, yang terdiri Skala Religiusitas 1 dan Skala Religiusitas 2, Skala
Kecerdasan Emosional dan Skala Birrul
Wâlidain.
Responden penelitian ini adalah siswa SLTA di DKI Jakarta, yang meliputi
sekolah umum, madrasah dan kejuruan. Jumlah keseluruhan subjek sebanyak 251
orang. Pemilihan subjek dilakukan dengan incidental
sampling.
Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan
teknik analisis struktural, analisis t-tes
dan analisis f-test. Kesimpulannya
diketahui bahwa; (1) ada pengaruh yang signifikan dari religiusitas terhadap
kecerdasan emosional sebesar 94 %; (2) ada pengaruh yang signifikan dari
religiusitas terhadap birrul wâlidain
sebesar 75 %; (3) ada pengaruh yang tidak langsung (indirect effect) secara signifikan dari religiusitas terhadap birrul wâlidain melalui kecerdasan
emosional (sabar) sebesar 23 %; (4) ada pengaruh yang signifikan dari
kecerdasan emosional terhadap birrul
wâlidain sebesar 25 %; (5) Ada perbedaan yang signifikan birrul wâlidain antara siswa dan siswi
SLTA; Tidak ada perbedaan yang signifikan birrul
wâlidain antara siswa SLTA di sekolah umum, madrasah dan kejuruan; Ada
perbedaan yang signifikan birrul wâlidain
antara siswa SLTA yang mengambil jurusan IPS, IPA, Akuntansi, Sekretaris,
dan Otomotif; tidak ada perbedaan yang signifikan birrul wâlidain antara siswa yang berusia 16, 17, 18, 19 dan 20
tahun.
Kata Kunci : Religiusitas, Kecerdasan
Emosional, Birrul Wâlidain
[1] Mahasiswa
Kajian Islam
dan Psikologi Program
Pasca Sarjana Kajian Timur Tengah & Islam Universitas Indonesia Angkatan VII
Tidak ada komentar:
Posting Komentar